Active and Passive Sentences

Salah satu perbedaan antara bahasa Inggris dengan bahasa Indonesia adalah bentuk tenses. Karena memiliki perbedaan yakni adanya berbagai macam bentuk tense yang dalam bahasa Indonesia tidak ada, maka hal ini menyebabkan kesulitan atau masalah dalam pembelajaran bahasa Inggris.

Terdapat berbagai macam tenses dalam suatu kalimat bhs. Inggris, yakni present dan past tense, present dan past continuous, present dan past perfect, present dan past future, dan sebagainya.

Sebagaimana yang telah disampaikan bahwa untuk mengungkapkan baik lisan maupun tulisan kalimat bhs. Inggris secara benar dari segi tensenya, maka mau tidak mau pembelajar harus mengetahui secara benar kata-kata kerja yang masuk dalam kata kerja bentuk pertama (V1), bentuk kedua (V2), dan bentuk ketiga (V3). Selain itu, memahami rumus masing-masing kalimat yang berisi tense yang berbeda-beda memudahkan kita mengungkapkan kalimat bhs. Inggris baik kalimat yang aktif maupun kalimat yang pasif.

Kalimat pasif bhs. Inggris itu ada karena adanya kalimat aktif baik yang sudah dinyatakan secara lisan atau tertulis maupun hanya dalam pikiran. Kalimat aktif yang dimaksud adalah kalimat yang kata kerjanya adalah kata kerja transitif, yakni kata kerja yang diikuti oleh objek atau benda.
Contoh: I read (Vt,present ts) a book (Obj), She drove (Vt, past ts) a car (obj) yesterday

Jadi, kata kerja yang bukan kata kerja transitif tidak bisa dibuat pasif, misal, kata kerja intransitif seperti swim (berenang), walk (berjalan), run (berlari), dan sebagainya. Dengan demikian, syarat mutlak untuk membuat kalimat pasif adalah adanya kalimat aktif yang berisi kata kerja transitif.

Selanjutnya, dalam soal (test) bhs. Inggris seringkali kalimat aktif diubah menjadi kalimat pasif, dan juga sebaliknya dari pasif ke aktif. Agar berhasil dalam pengubahan ini maka harus diketahui adalah bentuk kata kerja (teratur dan tidak beraturan) yang masuk dalam V1, V2, dan V3. Selebihnya adalah rumus yang merupakan wujud pendek dari suatu kalimat yang berisi tense yang berbeda.

Perhatikan rumus dibawah ini dan perubahannya ke bentuk pasif.

1. Subjek + Vt + Objek > S + is/are (+ by Objek) (Present tense)
2. Subjek + is/are Verb-ing + Objek > S + is/are been V3 (+ by Objek) (Present continuous)
3. Subjek + has/have V3 + Objek > S + has/have been V3 (+ by Objek) (present perfect)
4. Subjek + will/can V1 + Objek > S + will/can be V3 (+ by Objek) (present future)

Change the forms of tense active to passive or passive to active (Exercise)